Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, December 30, 2010

Home » , , , , , , » Dunia Info : 6 Sarang Binatang Yang Menakjubkan

Dunia Info : 6 Sarang Binatang Yang Menakjubkan

Sejak dulu lagi manusia berlumba-lumba membina bangunan yang megah yang memiliki nilai senibina yang tinggi. Tidak mahu kalah dengan manusia, binatang pun memiliki nilai senibina yang tinggi dalam membina sarangnya, bahkan keindahannya sering tidak dapat kita bayangkan bagaimana cara mereka membuatnya.

Berikut ini adalah foto-foto dari sarang binatang yang indah dan menakjubkan. Antara lain sarang burung, semut, anai-anai, katak, berang-berang, dan lain sebagainya. Sarang-sarang ini mereka bina dengan “tangan” mereka sendiri, tanpa bantuan arkitek mahupun jurutera.

1. SARANG BURUNG PENENUN

Burung penenun membina sarang tempat tinggalnya pada pokok dan objek lainnya yang tinggi. Sarang ini akan cukup besar untuk menjadi rumah puluhan keluarga burung, berisi beberapa generasi sekaligus.


Sarang yang sangat berstruktur memberikan burung rasa yang lebih nyaman berbanding dengan cuaca di luar. Pusat bilik tetap panas dan digunakan untuk malam hari dan mengerami telur. Luar ruangan yang digunakan untuk berteduh di siang hari.

2. SARANG SEMUT
Komplek sarang semut dibina oleh banyak anggota tanah jajahan. Sarang semut dibinadi bawah tanah atau di atas pohon. Sarang semut ini dapat ditemui di dalam tanah, di bawah batu atau kayu dan di dalam batu berongga. Bahan yang digunakan untuk pembinaannyan adalah tanah dan tanaman.Sarang semut selalu dijaga ketat, jadi jangan sampai mengganggunya.

3. SARANG EMPANGAN BERANG–BERANG
Empangan berang–berang dibuat sebagai perlindungan daripada pemangsa, seperti coyotes, serigala dan beruang, dan untuk memberikan kemudahan akses ke makanan selama musim dingin. Berang–berang selalu bekerja di malam hari dan produktif pembina, membawa lumpur dan batu dengan bahagian depan dipagari dengan kayu yg dipotong dengan gigi.


4. SARANG LEBAH MADU
Lebah madu adalah salah satu spesies dari lebah yang membina sarangnya dari lilin yg berasal dari cairan manis bunga yang lalu dihasilkan menjadi lilin oleh tubuh lebah sendiri. Sarang lebah sendiri selalu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

5. SARANG ANAI-ANAI
Anai-anai pekerja membina dan mempertahankan sarang tanah jajahan mereka seperti rumah. Ini adalah struktur rumit dibuat dengan menggunakan kombinasi dari tanah, lumpur, kayu yang dikunyah/ selulosa, dan air liur.

Sarang anai-anai terdiri dari terowongan seperti galeri yang efektif memberikan udara dan mengawal keseimbangan CO2/O2, serta memungkinkan untuk memindahkan ranai-anai melalui sarang.

Sarang biasanya dibina di bawah tanah, dalam potongan-potongan kayu besar, pohon-pohon tumbang di dalam atau tinggal di puncak pohon. Beberapa spesies membina di atas tanah, dan dapat berkembang menjadi kelompok yang menakjubkan.

6. KATAK POHON
Seperti namanya, katak ini biasanya ditemui di sangat tinggi atau pohon dan tumbuh-tumbuhan yang tinggi. Mereka biasanya tidak turun ke tanah, ketika bertelur mereka membina gelembung pada daun dan selama hidup mereka hingga dewasa jarang sekali mereka meninggalkan pohon.

credit fanz-capri.blogspot